Jenis Agunan Yang Bisa Digunakan Untuk Mengajukan Dana Tunai

Jumat, 02 Agustus 2024

 Jenis Agunan Yang Bisa Digunakan Untuk Mengajukan Dana Tunai





Salah satu syarat mengambil pinjaman agar mudah disetujui adalah dengan menggunakan agunan atau jaminan yang diminta oleh jenis pinjaman tertentu. Agunan yang disiapkan bisa memberikan keuntungan karena membantu untuk mendapatkan plafon yang lebih besar dibandingkan pinjaman tanpa agunan. Jenis agunan yang akan diterima untuk pengajuan pinjaman bisa disesuaikan dengan kriteria yang memenuhi ketentuan sebagai jaminan untuk mendapatkan dana tunai seperti berikut ini.





sumber : canva





Jenis Agunan Yang Berwujud





Jenis jaminan pertama yang memenuhi kriteria sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman yaitu agunan berwujud. Jaminan yang diberikan untuk agunan berwujud ini merupakan aset yang mempunyai wujud untuk mengambil pinjaman dengan jenis agunan yang bergerak dan tidak bergerak. Agunan yang bergerak untuk bisa menjamin jaminan pinjaman mempunyai jenis berikut ini:




  • Agunan yang bergerak tentunya terdiri dari mobil dan juga kendaraan lain yang masuk dalam kriteria untuk menjadi jaminan pinjaman. Mobil merupakan kendaraan yang paling umum untuk bisa digunakan sebagai agunan ketika mengambil pinjaman. Contohnya produk Pembiayaan Jaminan BPKB mobil dari Moladin Finance Indonesia yang memberikan pinjaman dengan menyediakan jaminan surat kendaraan yang lengkap. Agunan yang bergerak lainnya selain mobil bisa untuk menjadi syarat pinjaman mengambil pinjaman adalah motor hingga truk. Agunan bergerak lainnya adalah kapal dan pesawat udara yang akan bisa memberikan keuntungan dengan besar plafon yang lebih besar. Jenis agunan bergerak kapal dan pesawat udara ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar untuk modal dan pengembangan usaha yang dibutuhkan, sehingga mengajukan pinjaman dengan jenis agunan bergerak yang mempunyai nilai tinggi.




  • Agunan yang tidak bergerak merupakan jenis properti yang bisa diserahkan untuk mengajukan dana tunai   di tempat pengambilan pinjaman. Jenis agunan tidak bergerak yang bisa disiapkan untuk mengajukan pinjaman meliputi:




  • Produk real estate atau properti merupakan agunan yang juga umum bisa diterima di Indonesia. Properti merupakan agunan yang menyerahkan jaminan besar sertifikat rumah, tanah, bangunan komersial, ruko, hingga apartemen. Contoh pinjaman dengan agunan properti yang bisa dipilih ada produk dari Moladin Finance Indonesia yang bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah dan bangunan. 




  • Logam mulai merupakan jenis aset yang tidak bergerak selanjutnya bisa untuk diajukan sebagai agunan. Logam mulia sangat umum digunakan di Indonesia dengan keuntungan bisa mendapatkan kredit hingga 80% dari harga logam mulai yang dijaminkan.




  • Produk ternak dan perkebunan juga menjadi pilihan bagi yang membutuhkan agunan. Jenis agunan tidak bergerak ini bisa digunakan untuk pembiayaan usaha dan kebutuhan lainnya yang Anda punyai ketika membutuhkan dana dengan cepat.




  • Persediaan atau inventaris yang dipunyai perusahaan juga bisa menjadi jaminan untuk mengambil pinjaman dengan besar dana yang didapatkan hingga 50% dari nilai persediaan.




  • PO, SPK, dan juga kontrak merupakan jenis agunan tidak bergerak lainnya yang bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman yang dibutuhkan.




Jenis Agunan Yang Tidak Berwujud




Agunan selanjutnya yang bisa digunakan ketika membutuhkan pinjaman adalah dengan menyerahkan agunan yang tidak berwujud. Jenis agunan ini merupakan aset yang tidak mempunyai wujud seperti agunan bergerak dan tidak bergerak seperti di atas. Jaminan tidak berwujud merupakan aset yang mempunyai nilai tertentu, sehingga bisa menjamin untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan.




Jenis agunan yang tidak berwujud yang bisa dimanfaatkan untuk mengajukan pinjaman terdiri dari beberapa aset berharga seperti:




  • Jenis aset pertama yang digunakan untuk jaminan pengambil pinjaman adalah deposito yang dapat menyimpan uang dengan lebih menguntungkan karena mempunyai bunga yang tinggi.




  • Jenis aset tidak berwujud lainnya adalah surat berharga seperti saham yang dimiliki.




  • Aset tidak berwujud seperti obligasi yang mempunyai nilai sesuai dengan plafon yang diajukan.




  • Aset hak kekayaan intelektual yang juga mempunyai nilai untuk bisa dijaminkan ketika mengambil pinjaman.




Di atas merupakan beberapa jenis agunan yang bisa diserahkan untuk mengajukan pinjaman dana tunai yang bisa diterima di tempat offline maupun online. Jenis agunan yang paling umum dipilih untuk mengajukan pinjaman adalah yang dimiliki oleh masyarakat secara luas yaitu sertifikat tanah dan surat kendaraan bermotor yang keduanya menjadi syarat agunan untuk mengambil pinjaman online dari Moladin Finance Indonesia.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9