Contoh Kendala Penggunaan Mesin EDC Dan Cara Mengatasinya

Jumat, 26 Juli 2024

Contoh Kendala Penggunaan Mesin EDC Dan Cara Mengatasinya




Mesin EDC adalah sebuah alat pembayaran yang diterbitkan oleh sebuah bank, khusus digunakan untuk menerima pembayaran secara cashless atau non tunai saja, cukup populer apalagi di Indonesia. Apalagi di zaman sekarang rata-rata masyarakat lebih menyukai transaksi non tunai atau secara cashless dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan secara tunai, sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya ada banyak diantara pelaku bisnis yang menggunakan layanan dari perbankan ini.





Sumber: website bca 




Pada dasarnya dengan adanya mesin EDC memang akan membantu mengoptimalkan bisnis Anda, yaitu akan berguna untuk membuat penjualan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Namun juga patut untuk diketahui bahwa sebagaimana perangkat elektronik yang lainnya, maka mesin ini juga rentan mengalami masalah, seperti yang paling sering terjadi adalah kehilangan sinyal tiba-tiba, sehingga menyulitkan dalam memproses pembayaran.





Cara Mengatasi Mesin EDC Yang Kehilangan Sinyal





Kendala seperti kehilangan sinyal pada mesin EDC adalah perkara yang cukup umum terjadi, namun jangan khawatir mengingat hal tersebut dapat diatasi secara mudah, berikut ini ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, yaitu:





  1. Refresh sinyal dengan kode function, ketika tidak ada sinyal yang masuk maka jangan buru-buru untuk merestartnya karena sudah pasti membutuhkan waktu lama karena mati, solusinya bisa dengan melakukan refresh kode function, yaitu dengan cara tekan tombol F bersamaan dengan nomor 9 dan 6, setelah itu cukup masukkan passwordnya.




  1. Restart mesin EDC, cara yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat ketika mengalami kendala dalam mesin tersebut tak lain memang dengan melakukan restart, karena diharapkan sinyal akan kembali muncul jika sudah beberapa kali dilakukan tidak bisa, Anda bisa mematikan mesin dan menghidupkannya kembali. Lihat apakah sinyal muncul ataukah tidak.




  1. Ganti SIM card dengan yang baru, jika masalahnya adalah pada SIM card yang tidak bisa menangkap sinyal, maka jangan khawatir karena Anda dapat memutuskan untuk menggantinya menggunakan yang baru, Anda tinggal beli saja yang baru untuk nantinya dipasang kedalam mesin.




  1. Registrasi jaringan, cara lain adalah dengan meregistrasi jaringan tersebut. Ini adalah cara atau langkah akhir yang dapat dilakukan jika langkah-langkah sebelumnya sama sekali tidak membuahkan hasil.





Keunggulan Gabung Sebagai Merchant BCA Bisa Dapat Mesin EDC 




Faktanya memang ada banyak diantara perbankan yang mengeluarkan produk mesin EDC ini untuk bisa digunakan oleh pebisnis dalam melakukan transaksi keuangan. Namun banyak yang memilih bergabung sebagai merchant BCA, karena banyak keuntungannya, diantaranya adalah:




  1. Sewa mesin EDC gratis untuk merchant pemula, bagi Anda yang baru saja bergabung sebagai merchant, maka jangan khawatir karena nantinya bisa mendapatkan sewa mesin EDC ini secara gratis atau tidak berbayar, sehingga akan lebih hemat uang.




  1. Bisa mengelola toko secara mudah hanya lewat sebuah aplikasi, belakangan ini jika dilihat bank BCA juga mengeluarkan sebuah aplikasi khusus yang ditujukan untuk para merchant, dikenal dengan nama aplikasi Merchant BCA, dalam satu aplikasi ini nantinya Anda bisa secara mudah melakukan pengelolaan toko. Jangan khawatir mengingat aplikasi tersebut berbasis mobile, sehingga selain dapat digunakan lewat komputer atau laptop, maka Anda juga dapat mengaksesnya secara mudah hanya melalui smartphone saja.




  1. Dapatkan banyak fasilitas pembayaran secara cashless, Anda juga dapat menikmati berbagai macam layanan pembayaran yang dapat dilakukan secara cashless, selain dengan menggunakan mesin EDC, maka bisa juga melakukan pembayaran dengan menggunakan layanan QRIS atau kode QR.




  1. Meningkatkan penjualan, dengan adanya fasilitas pembayaran secara digital yang ada di toko, hal ini juga berpotensi dalam membantu mendongkrak penjualan bisnis Anda tersebut. dimana memang segmen konsumen yang dituju menjadi jauh lebih besar atau banyak dibandingkan dengan sebelumnya, tidak hanya masyarakat dengan transaksi tunai saja, melainkan juga yang melakukan transaksi secara cashless. Ditambah lagi akan mendapatkan exposure gratis dari bank BCA.





Pastinya akan rugi jika Anda tidak bergabung sebagai merchant. Segera daftarkan usaha sekarang juga, karena bisnis yang sudah punya izinlah yang bisa mengajukan pendaftaran sebagai merchant, download aplikasi Merchant BCA mudah lewat Playstore maupun Appstore.

1 komentar on "Contoh Kendala Penggunaan Mesin EDC Dan Cara Mengatasinya"

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9