Keunikan Angklung: Dari Tradisi ke Panggung Internasional

Jumat, 28 Juni 2024


sumber: Wikipedia 





Alat musik angklung tidak asing lagi bagi masyarakat Indoesia terutama daerah Jawa Barat. Alat musik ini memang populer karena sering dipertunjukan diberbagai pagelaran daerah maupun nasional. Alat musik angklung berasal dari daerah Jawa Barat dan merupakan alat musik tradisional turun temurun. Kita akan menyimak lebih banyak  tentang angklung di artikel ini dari sisi sejarah dan fungsinya dalam masyarakat.




Sejarah Singkat Alat Musik Angklung



Menurut catatan sejarah alat musik angklung mulai dipertunjukkan pada abad ke 12 untuk perayaan pemujaan Nyai sari pohaci pada masa kerajaan Sunda.




Selain untuk pemujaan,dalam Kidung Sunda juga dikisahkan bahwa  angklung dimainkan untuk memacu semangat menyemangati prajurit saat peperangan. Meski kegunaannya sangat berbeda dengan saat ini, angklung masih digunakan sebagai alat musik untuk beragam pertunjukan.


Tokoh angklung legendarisnya adalah Daeng Soetigna, seorang tokoh angklung nasional, pada Perundingan Linggarjati 1946 setelah proklamasi.


Cara Memainkan Angklung



Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan oleh beberapa orang sehingga menghasilkan nada yang harmonis. Maka instrumen ini juga disebut sebagai jenis alat musik harmonis. Angklung terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah benda berseni tinggi.


Jenis Angklung



Ada beberapa jenis angklung di Jawa Barat yakni sebagai berikut:




1. Angklung Badeng


Angklung badeng berasal dari Garut biasa dipertontonkan pada kesenian Badeng.


2. Angklung Gubrag


Angklung ini dinamakan gubrak karena suaranya yang mirif sesuatu yang jatuh. Kata Gubrag sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya mengilustrasikan suara barang jatuh.


3. Angklung Padaeng


Inilah jenis angklung yang dikenalkan oleh daeng Soetigna pada sekitar tahun 1938. Angklung ini menggunakan laras nada diatonik yang umumnya dipakai untuk memainkan lagu-lagu internasional. 


4. Angklung Buncis

Terdapat di Baros, Arjasari, Bandung, buncis ialah seni pertunjukan yang sifatnya hiburan. Angklung buncis awalnya dipakai saat acara-acara pertanian yang berhubungan dengan padi.


5. Angklung Toel

Diciptakan oleh Kang Yayan Udjo dari Saung Angklung Udjo pada 2008, angklung toel punya rangka setinggi pinggang dengan beberapa angklung yang dijejer dengan terbalik dan diberi karet.


6. Angklung Sarinande

Angklung yang satu ini adalah istilah untuk angklung padaeng yang cuma menggunakan nada bulat tanpa nada kromatis. 


7. Angklung Sri-Murni

Gagasan Eko Mursito Budi menciptakan angklung Sri-murni. Angklung ini sendiri diciptakan khusus untuk kebutuhan robot angklung. 




Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9