Berbagai Jenis Business Strategy Serta Penerapannya

Rabu, 12 Juni 2024

 Berbagai Jenis Business Strategy Serta Penerapannya




Persaingan di dunia bisnis memang tidak dapat dipungkiri berlangsung dengan sangat ketat, hal ini juga pastinya berdampak pada para pelaku usaha baru, dimana tidak jarang diantaranya yang harus kalah saing dengan pebisnis besar yang sudah ada sebelumnya. Bahkan sebelum mulai terjun sudah memutuskan untuk menyerah. Sebagai salah satu cara untuk bisa memenangkan pasar, maka Anda butuh menerapkan business strategy secara tepat.






sumber: prasmul.ELI





Unsur Penting Di Dalam Bisnis Strategi




Di dalam menerapkan bisnis strategi pada dasarnya terdapat beberapa unsur atau aspek didalamnya, diantara unsur tersebut adalah:




  1. Visi dan misi, unsur pertama adalah visi serta misi yang pada dasarnya memiliki peran utama dalam mengembangkan sebuah strategi bisnis. Visi ini sendiri menggambarkan tujuan jangka panjang perusahaan yaitu apa yang ingin dicapai, serta misi ini adalah sebuah pernyataan yang berisi bagaimana tujuan perusahaan untuk bisa mencapai visi tersebut.


  1. Analisis market, selanjutnya adalah dengan menganalisis pasar, tentu strategi yang satu ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor termasuk diantaranya adalah faktor internal serta eksternal yang mempengaruhi perusahaan tersebut, diantaranya adalah pelanggan, pesaing, analisis pasar sampai dengan industri.


  1. Target sasaran, nantinya perusahaan juga perlu untuk memilih target maupun sasaran dengan jelas serta dapat diukur untuk bisa dicapai dalam strategi bisnis, diantaranya adalah pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar sampai dengan efisiensi operasional.


  1. Rencana aksi, berhubungan dengan strategi bisnis yang harus diikuti dengan rencana serta tindakan, termasuk diantaranya adalah langkah-langkah kongkrit apa saja yang harus diambil.




Contoh Penerapan Strategi Bisnis



Business strategy ada banyak jenisnya dan dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:




  1. Strategi diferensiasi, jenis yang pertama adalah diferensiasi atau yang dikenal juga dengan membedakan, yaitu membuat yang berbeda dibandingkan yang lain, baik itu inovasi produk maupun juga teknik pemasaran yang digunakan harus berbeda dibandingkan yang lain. Seperti yang banyak diterapkan dalam perusahaan teknologi yaitu smartphone dengan menawarkan berbagai fitur unik, lain daripada yang lain.


  1. Strategi rendah biaya, yaitu sebuah strategi dengan membuat atau menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor atau pesaing, tentunya strategi ini dapat diterapkan jika seandainya segmen yang Anda tuju adalah kalangan menengah ke bawah. Contohnya banyak diterapkan oleh sebuah perusahaan maskapai penerbangan, guna memangkas biaya operasional menjadi lebih murah maka menghilangkan makan gratis di pesawat. Cara ini juga membantu untuk memberikan harga tiket yang lebih murah.


  1. Strategi ekspansi pasar, guna mengejar pertumbuhan atau peningkatan penjualan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Maka tidak jarang yang memilih melakukan ekspansi, diantaranya adalah dengan membuka banyak cabang usaha baru di kawasan lain, sehingga nantinya pertumbuhan juga akan menjadi lebih pesat dibandingkan sebelumnya.


  1. Strategi inovasi produk, cara yang lainnya adalah dengan melakukan inovasi produk, yaitu menghadirkan produk yang lebih baru dibandingkan sebelumnya, jadi bisa menggaet lebih banyak konsumen. Hal ini sering dilakukan oleh bisnis yang bergerak di bidang makanan, karena dituntut selalu berinovasi agar nantinya konsumen tidak bosan membeli atau menggunakan produk yang dijual tersebut.


  1. Strategi aliansi bisnis, nantinya perusahaan akan membentuk sebuah aliansi bisnis dengan yang lainnya untuk bisa menciptakan sebuah sinergi baru. Contohnya adalah yang paling banyak terjadi yaitu kerjasama di bidang teknologi. Hal ini dilakukan untuk mengintegrasikan solusi dan dikembangkan dalam produk sebuah perusahaan agar lebih canggih.


  1. Strategi kualitas premium, ini dikembangkan oleh perusahaan yang segmennya adalah kalangan menengah ke atas, yaitu dengan membuat produk berkualitas premium, secara otomatis nantinya harga yang ditawarkan atau dibandrolkan menjadi jauh lebih mahal dibandingkan dengan sebelumnya.


  1. Strategi berbasis data, banyak dilakukan oleh perusahaan ecommerce, yaitu dengan mengumpulkan data serta menganalisa untuk memberikan rekomendasi produk terbaik kepada pelanggannya.




Ikuti pelatihan business strategy untuk memperkaya pengetahuan Anda di bidang tersebut, banyak diantara lembaga yang menawarkan program pelatihan ini, salah satunya adalah dari Prasmul-ELI. Tersedia program pelatihan langsung maupun online.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9